Wednesday, March 2, 2016

Pengertian Gaya Gravitasi

  3 comments
Gaya gravitasi bumi atau arti gaya tarik bumi adalah suatu gaya tarik-menarik yang terjadi pada semua partikel yang mempunyai massa. Jika di bumi, gaya gravitasi bumi disebabkan karena bumi yang berukuran besar memiliki massa yang juga besar sehingga dapat menarik semua benda yang berada di atasnyaBesar gaya gravitasi bumi yang menyebabkan benda-benda di atasnya tertarik ini disebut besar gaya tarik bumi atau besar gravitasi. Tidak heran kalau semua benda yang ada dipermukaan bumi akan terengaruh oleh gaya gravitasi bumi.


Contoh gaya gravitasi bumi adalah benda-benda langit yang ikut tertarik oleh bumi,misalnya bulan atau meteor yang terkena gaya gravitasi bumi. Pengaruh gaya gravitasi bumi pada bulan menyebabkan bulan beredar pada porosnya, demikian juga benda langit lain seperti pesawat astronot dan juga siklus terjadinya hujan.
Hukum Gravitasi Universal Newton: 
  adalah besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut
      G adalah konstanta gravitasi
     m1 adalah besar massa titik pertama
        m2 adalah besar massa titik keduar adalah jarak antara kedua massa titik
Ø  g adalah percepatan gravitasi 
Nilai g dapat diukur dengan berbagai metoda. Bentuk-bentuk paling sederhana misalnya dengan menggunakan pegas atau bandul yang diketahui konstanta-konstantanya. Dengan melakukan pengukuran dapat ditentukan nilai percepatan gravitasi di suatu tempat, yang umumnya berbeda dengan tempat lain.
Dalam bidang fisika bumi dikenal pula metoda gravitasi yaitu suatu metoda pengukuran perbedaan percepatan gravitasi suatu tempat untuk memperkirakan kandungan tanah yang berada di bawah titik pengukuran. Dengan cara ini dapat diduga (bersama-sama dengan pemanfaatan metoda fisika bumi lainnya) struktur dan juga unsur-unsur pembentuk lapisan tanah yang tersusun atas elemen yang memiliki rapat massa yang berbeda-beda. 
Itulah sedikit pembahasan tentang gaya gravitasi dan pengertian gaya gravitasi bumi. Saat ini masih mecari referensi lebih lengkap tentang manfaat gravitasi, contoh gravitasi, dan juga penemu gaya grafitasi bumi.

 

3 comments :

  1. Jadi keinget materi pas masih sekolah btw nice info

    ReplyDelete
  2. Apakah gravitasi mempengaruhi waktu? soalnya pernah denger gravitasi itu salah satu penyebab utama dilatasi waktu

    ReplyDelete
  3. Gravitasi itu bahaya karna bisa ngundang komet/meteor buat mampir ke bumi.
    Ngeri gan kalo ampe meteor yang gede mampir di bumi

    ReplyDelete