Saturday, May 28, 2016

Ciri Ciri Reaksi Kimia

  No comments

Ciri Ciri Reaksi Kimia

Ciri Ciri Reaksi Kimia
John Dalton mengemukakan bahwa, jenis dan jumlah atom yang terlibat dalam reaksi tidak berubah, tetapi ikatan kimia di antara kedua zat berubah. Reaksi kimia yang terjadi mengakibatkan beberapa perubahan, antara lain:

1. Terbentuknya Endapan

Coba kamu amati dasar panci yang dipakai untuk merebus air, apakah terdapat sesuatu yang menempel pada panci tersebut? Zat tersebut adalah senyawa karbonat yang terbentuk saat air yang mengandung kapur di panaskan. Pernahkah kamu perhatikan perubahan pada buah apel setelah dimakan dan dibiarkan beberapa saat? Buah apel yang segar mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan setelah beberapa saat dibiarkan. Perubahan warna ini menunjukkan bahwa zat kimia yang terdapat dalam apel bereaksi dengan udara. Coba kamu amati di sekitarmu, alat–alat rumah tangga yang terbuat dari logam. Benda-benda logam tersebut lama-kelamaan akan berubah warna, sebab terjadi reaksi dengan oksigen di udara. Peralatan yang terbuat dari besi dapat berkarat, sehingga berubah menjadi berwarna hitam.

2. Menghasilkan Gas

Pernahkah kamu melihat pekerja las yang sedang mengelas logam? Karbit yang dicampur dengan air, akan bereaksi menghasilkan gas karbit. Gas karbit digunakan untuk keperluan penyambungan logam dengan cara pengelasan. Dalam dunia industri makanan, ketika membuat kue adonan tersebut ditambahkan soda kue. Pada saat adonan kue dipanaskan, soda kue terurai menghasilkan gas karbon dioksida. Gas ini menyebabkan adonan kue dapat mengembang. Apa yang terjadi, jika adonan kue tidak ditambah dengan soda kue?

3. Perubahan Suhu

Apa yang dapat kamu amati, saat api unggun dinyalakan ? Reaksi pembakaran merupakan reaksi eksoterm. Reaksi eksoterm adalah suatu reaksi kimia yang menghasilkan energi. Energi yang dihasilkan dapat berupa panas atau kalor. Pada peristiwa fotosintesis terjadi reaksi kimia yang memerlukan energi. Reaksi kimia yang memerlukan energi dinamakan reaksi endoterm.

No comments :

Post a Comment